Make your own free website on Tripod.com
 

I N T E R M E Z Z O

 

 [i] 01. About Piracy 

[*Malem Minggu kemaren - 22 Februari 2003 - ada konser STOP  PIRACY. Gue ngga nonton, cuma dengerin dari radio - OZ. Ngomongin soal piracy ngga ada ujungnya, deh. Segala macam dibajak. CD installer, CD audio, kaset, anime, komik, CD game (sampe konsolnya sekalian), tas, sepatu, baju... apa sih yg ngga dibajak? Sawah aja sampe sebel karena banyak yg nyaingin. Jaman dulu, cuma doi doang yg dibajak, tapi sekarang?

Pembajakan emang ngerugiin semua pihak - termasuk pembelinya. Kualitas barang bajakan sudah pasti rendah. Tapi... kenapa juga masih banyak yg mengkonsumsi? Banyak faktor. Bukan cuma harga. Tapi juga kelangkaan barang original dan perilaku yang menganut paham "yg penting punya".

Buat para pecinta anime, jelas dong, masalah utama adalah kelangkaan barang, kan? Seandainya yg original keluar, kita pasti beli yg original. Tapi sialnya, yg original kadang ngga bisa memperlihatkan perbedaan yg signifikan dengan yg bajakan - packaging dan sulih suara yg buruk, termasuk lemahnya antisipasi terhadap judul2 yg "menjual". Alhasil, para otaku lebih milih beli yg bajakan drpd yg original. Dalam hal ini - menurut gue - para penerbit anime terjebak pada asumsi bahwa orang membeli bajakan karena masalah harga. Coba aja terus turunin tu harga, ngga akan ada pengaruhnya!! Penerbit komik justru udah selangkah lebih maju dan lebih melek dalam hal ini, dgn makin banyaknya judul2 komik berkelas yg diterbitkan - yg tadinya jadi lahan buat para pembajak.

Kelangkaan bukan lagi masalah, yg original udah bertebaran, tapi kenapa masih beli yg bajakan? Fenomena perilaku asal punya. Utk benda2 tertentu, kadang kita ngerasa ngga perlu beli yg asli, yg penting nyicipin. VCD movie2 termasuk di dalamnya. Menurut gue, kaset dan CD juga termasuk di sini. Rendahnya keinginan utk mendapatkan barang dgn kualitas baik bikin orang males beli yg original. Malahan, alhasil, semakin rendah harga original, makin rendah pula harga bajakan. Dulu VCD film2 bioskop yg orginal Rp 50.000 dan yg bajakan Rp 15 - 20 ribu. Dan walopun VCD original sekarang sekitar 20 - 25 ribu, karena perilaku yg seperti ini, orang justru mikir, "Kalo yg asli murah, yg bajakan pasti lebih murah lagi." GUBRAK!! Apa bener ini krn tingkat ekonomi yg rendah? Kaya'nya engga juga. Belum tentu. Menurut gue, untuk kasus ini, lebih ke masalah perilaku daripada ke masalah ekonomi.

Rendahnya penghargaan terhadap packaging juga termasuk di sini. Tau sendiri kan, packagingnya CD audio Japan version. KEREN. Dan utk harga yg keitung gila buat sekeping CD (3000 yen, bowz - kira2 250 ribu!), dgn packaging sehebat itu, siapa yg ngga ngiler? (Terus terang, kadang2 gue lebih pengen yg import drpd yg dilisensi di sini. CD audio berlisensi sekitar 50 ribu, tapi jangan berharap deh sama packagingnya!! Apalagi kalo kaset. Gue baru beli kaset Ayumi Hamasaki... duh, kualitas kertas kovernya... sampe2 gue mikir, "Mendingan gue cari Mp3-nya aja, deh!") Tapi kebanyakan konsumen - dan produsen - ngga peduli ama packaging. Whenever packaging doesn't make any different, ya udah, disitulah pembajakan tumbuh.

Soal harga, ini jelas ke CD installer dan CD game. (Barang2 borju kaya' tas, sepatu dan baju ber-merk juga kali, ya, tapi ngga gue omongin soalnya gue ngga pernah terlibat sama barang2 borju begitu) Ngga usah diomongin lagi gimana mahalnya barang original utk 2 benda ini. Tapi... mungkin kadang bisa bias ke arah perilaku asal punya. Soalnya siapa tau ada yg kepikiran juga kalo seandainya CD/DVD game udah dilisensi... bajakannya pasti lebih murah. (^^;)

Tuh, kan, ngomongin piracy ngga ada ujungnya? Buktinya gue udah nulis sepanjang ini. Soal harga dan kelangkaan bisa diatasi. Tapi masalah perilaku asal punya, ini yg susah. Gue sendiri ngga nawarin solusi, kok. Yang gue ungkapin cuma sebatas yg gue amati dan rasa. Utk solusi, musti diriset dulu, tuh.

Dan terakhir, IT'S JUST AN INTERMEZZO. {switch mode, back to Osaka}*]

: : M y  S p a c e s : :
:: FIELD OF VIEW ROOM
:: SOCCER Field
:: Dining Room
:: Atelier House
D i a r y
Mimi o sumaseba
I n t e r m e z z o
 
 
___ I N T E R M E Z Z O ___
 
  - 2 0 0 3 -  
01. About Piracy
02. Archi & Meidy
03. Ordinary People
 

BACK TO TOP
2 0 0 3